0
7 Mumi Yang Terbentuk Secara Alami Paling Terkenal Di Dunia - Secara keilmuan , mumi yakni sebutan untuk sebuah jenazah yang diawetkan dengan menggunakan dekomposisi khusus atau juga alasannya yakni alam. Hal itu untuk menjaga bentuk keseluruhan dapat terjaga hingga lama.Pada zaman dahulu , proses pemumian tidak hanya dilakukan oleh bangsa Mesir kuno saja , di China juga pernah ditemukan mumi seseorang yang pernah hidup di era kerajaan.

Untuk prosesnya , setiap negara memiliki cara-cara tersendiri , ibarat contohnya di Mesir menggunakan balsam khusus , di China menggunakan tanaman obat hingga dengan melalui santunan alam untuk mengawetkannya.Khususnya yang menerima santunan alam , berikut ada beberapa mumi yang terawetkan secara alami. Walaupun tidak sepenuhnya utuh , namun beberapa bab dari tubuhnya masih terlihat sempurna.

Inilah 7 Mumi Yang Terbentuk Secara Alami Paling Terkenal Di Dunia :

1. Juanita


Juanita atau juga yang kerap disebut dengan The Ice Maiden ( Perawan Es ) ini pertama kali ditemukan di tempat Mount Ampato , Peru pada tanggal 8 September 1995. Para peneliti memperkirakan bahwa Juanita yakni seorang sampaumur wanita berusia 12 hingga 14 tahun yang hidup sekitar 500 tahun lalu.

Dia terpilih untuk dikorbankan supaya penduduk Inca setempat menerima suplai air dari Dewa Ampato.Walaupun seluruh tubuhnya membeku , namun sebagian besar dari dirinya hingga baju yang dikenakannya waktu itu masih terjaga dan tidak rusak oleh pembusukan alami.

2. Otzi


Dikenal juga dengan nama Similaun Man atau Man from Hauslabjoch , Otzi si insan es ini diperkirakan sebagai salah satu mumi tertua di bumi. Para peneliti memperkirakan , Otzi hidup sekitar 3300 tahun Sebelum Masehi.Tubuh Otzi ditemukan di permukaan es di Schnalstal , Otztal Alps , perbatasan Austria dan Italia. Otzi ditemukan pada bulan September 1991 lalu.

3. Tollund Man


Tollund Man yakni sosok mumi yang terawetkan secara alami oleh alam. Diperkirakan beliau hidup sekitar kala 4 SM di era Pre-Roman Iron Age. Dia ditemukan di bulan Mei 1950 di Jutland Peninsula , Denmark.Walaupun perkirakan umur kematiannya sudah cukup lama , namun guratan hingga verbal wajahnya masih dapat dilihat dengan jelas. Bahkan kulitnya pun masih melekat dengan sempurna.

4. Ginger


Ginger yakni sosok mumi yang berhasil diangkat dari gurun pasir di Mesir pada kala ke-19 lalu. Ginger juga merupakan mumi pertama di dunia yang dipamerkan secara umum di museum ( British Museum ) pada tahun 1901.Para peneliti memperkirakan bahwa Ginger hidup sekitar 3400 tahun Sebelum Masehi.

Bahkan , diperkirakan juga pada ketika itu , proses mumifikasi masih belum ada , sehingga setiap orang yang akan dijadikan mumi akan dikubur di padang pasir yang dapat menimbulkan tubuhnya menyusut dan kering.

5. Ice Maiden


Diperkirakan , Ice Maiden atau Perawan Es atau juga dalam bahasa sekitar dinamakan La Doncella ini , hidup sekitar 500 tahun lalu. Walaupun sudah meninggal ratusan tahun lalu , namun badan hingga semua yang melekat dan ada pada dirinya masih nampak bagus.

Bahkan beliau tampak sedang terlelap dengan kepala sedikit menunduk ke bawah.Perawan Es ini ditemukan pada tahun 1999 silam di tempat yang sangat cuek dan ada di sebelahnya seorang anak kecil ( El nino ) yang juga ikut menjadi mumi dengan keadaan yang sama.

6. Mumi Plomo


Dinamakan mumi Plomo alasannya yakni badan anak kecil yang diperkirakan menjadi tumbal pengorbanan untuk para tuhan suku Inca kuno ini ditemukan di gunung El Plomo di atas ketinggian sekitar 4000 meter dari permukaan laut.Bocah kecil yang ditemukan pertama kali pada tahun 1954 ini diperkirakan berumur 8 tahun pada ketika itu.

Seperti halnya La Doncella dan El Nino , seluruh organ , kulit , rambut hingga baju yang dikenakannya oleh bocah kecil ini masih tampak cantik dan tidak mengalami kerusakan yang cukup parah. Diperkirakan , bocah ini hidup sekitar 500 tahun lalu.

7. Putri Ukok


Di pegunungan Altai , Siberia , di perbatasan antara Rusia dan Mongolia , para peneliti menemukan mumi seorang wanita yang diperkirakan berusia 25 tahun pada waktu hidup.Tubuhnya wanita yang diperkirakan yakni seorang putri ini ditemukan pada tahun 1993. Dia diperkirakan hidup sekitar 2 ,500 tahun lalu.

Dikarenakan alam dan dinginnya suhu di tempat tersebut , walaupun sudah ada beberapa bab dari tubuhnya yang rusak , namun sebagian besar kulitnya masih menempel.Bahkan , tato yang diidentifikasi sebagai tanda seorang putri di lengan kanannya itu juga masih terlihat jelas. Para peneliti menyebutnya dengan nama putri Ukok yang diperkirakan yakni salah satu anggota dari suku Pazyryk.

Posting Komentar

 
Top