0
4 Film Terbaik Bruce Lee - Siapa yang tidak kenal dengan mendiang Bruce Lee , pemain drama bela diri asal Hong Kong yang bisa menggebrak Hollywood melalui kemampuan bela diri Jeet Kun do yang memukau. Sepanjang karirnya , Bruce Lee tercatat sudah menghasilkan sejumlah film sabung yang hampir kesemuanya laris manis di pasaran. Puncak karirnya pun lantas menjadi kejutan bagi banyak orang akhir kematiannya yang tergolong mendadak.

Ya , pada 20 Juli 1973 silam , Bruce Lee ditemukan sudah tidak bernyawa. Hasil autopsi menyebutkan dirinya terkena endema otak yang terjadi akhir reaksi asing dalam tubuhnya setelah mengonsumsi obat pereda rasa sakit Equagesic. Namun demikian , meskipun umurnya tidak panjang , hal itu tidak lantas  menggagalkan  langkahnya untuk dikenang sebagai salah satu legenda dunia. Buktinya , sampai sekarang ini , banyak orang yang masih menjadi penggemarnya setianya.

Berikut yaitu 4 Film Terbaik Bruce Lee :

1. The Big Boss


The Big Boss , atau yang juga dikenal di Amerika Serikat dengan judul Fists Of Fury , merupakan film layar lebar kedua milik Bruce Lee setelah sebelumnya bermain sebagai pemain drama pendukung di film Mallowe. Dibuat pada tahun 1971 , film yang ditulis dan disutradarai oleh Lo Wei dan  Bruce  Lee  itu berhasil mengantarkannya sebagai pemain drama paling terkenal di sepanjang asia.

Ceritanya sendiri , berkisah perihal pembalasan dendam seorang perjaka berjulukan Chen (Chen Chao-an) atas maut kedua pamannya yang dibunuh akhir memiliki duduk perkara dengan bandit obat terlarang. Diketahui , meskipun sudah pernah menonjolkan kemampuannya di film Mallowe , beberapa agresi bela diri yang ditampilkannya tetap terasa fresh dan menjadi level gres di sejarah industri sabung Hollywood.

2. Fist of Fury


Masih disutradarai oleh Long Wei , film Fist of Fury dirilis pada 1972 dan melanjutkan kesuksesan The Big Boss di tahun lalu. Meskipun memiliki dongeng yang berbeda , dua  film  tersebut  sering kali tertukar akhir The Big Boss yang sudah terlanjur banyak dikenal lewat judul Fists of Fury.

Apalagi , entah disengaja atau tidak , Bruce disini  pun memerankan abjad dengan nama yang  mirip yakni Chen (Chen Zhen) walaupun settingnya jauh berbeda. Selain itu , hampir sama dengan dua film terdahulu , Bruce Lee juga sukses mempertontonkan keahliannya dengan level yang jauh  lebih tinggi.

3. Way to the Dragon


Bagi yang mendambakan pertempuran seru dari dua bintang sabung ternama , film keempat Bruce Lee ini yaitu jawabannya. Pasalnya , turut dibintangi oleh Chuck Norris , film rilisan tahun 1972 tersebut jadi begitu terkenal berkat pertempuran karenanya yang dianggap brilian. Apalagi , jika melihat sejarahnya , Chuck Norris termasuk hebat karate dengan kemampuan di atas rata-rata. Hal itu terbukti dengan penghargaan Golden Lifetime Achievement Award yang dari World Karate Union Hall of Fame pada 1 Juli 2000 lalu.

4. Enter the Dragon


Dari hampir semua film Bruce Lee , film Enter the Dragon bisa dibilang sebagai salah satu film yang paling diingat di sepanjang karirnya. Pasalnya , selain dihujani banyak sekali kebanggaan , film yang disutradarai oleh Robert Clouse ini juga dirilis tepat enam hari setelah sang bintang meninggal dunia.

Tak heran , selain menjadi kado perpisahan bagi para penggemar setianya , eksistensi Enter the Dragon juga sukses menyebabkan rasa penasaran yang teramat tinggi terhadap proyek film terakhir Bruce Lee yang berjudul Game of Death. Sayangnya , berbeda dengan Enter the Dragon , film Game of Death yang ditulis , diproduksi ,  dibintangi , dan disutradarai sendiri oleh Bruce Lee ini tidak tepat alasannya yaitu  sang  bintang  keburu tewas sebelum berhasil menyempurnakan filmnya.

Posting Komentar

 
Top